Jumat, 05 Februari 2010

buku falak



Sibahah Fadha’iyyah fi Afaq ‘Ilmil Falak

Judul buku : Sibahah Fadha’iyyah fi Afaq ‘Ilmil Falak

Pengarang : Prof.Dr.Muhammad Ahmad Sulaiman

Penerbit : Maktabah al ‘Ujairi Kuwait

Cetakan : I (1999)

Halaman : 532 halaman



Buku karya Prof.Dr.Muhammad Ahmad Sulaiman ini sangat komprehensif yang memaparkan teori-teori dan informasi astronomi modern secara lengkap. Buku Sibahah Fadha’iyyah ini berisi 9 bab:

Bab I: tentang cabang-cabang dalam ilmu astronomi modern
, yaitu sekitar 22 cabang, antara lain: al falak al al mawdhi’iy (Positional Astronomy), al Mikanika as Samawiyah (Celestial Mechanics), al Fiziya’ al Falakiyyah (Astrophysics), dst.

Bab II : tentang Tata Surya (al Majmu’ah as Syamsiyyah). Di bab ini dijelaskan secara detail tentang Bumi, Bulan dan Matahari. Berikutnya juga dijelaskan secara detail tentang planet-planet (Merkurius, Venus, Mars, Bumi, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto). Dijelaskan juga secara detail tentang Komet (mudzannabat), Meteor (syuhub), dan Meteorit (nayazik). Pembahasan Bumi, Bulan dan Matahari diuraikan sangat komprehensif sehingga sangat berguna dalam kaitannya dalam persoalan penentuan awal bulan dalam Islam khususnya Ramadan, Syawal dan Zulhijah. Karena sejatinya persoalan ini (baca: penentuan awal bulan) sangat berkaitan secara ilmiah dengan tiga benda angkasa ini.

Bab III : tentang Tata Koordinat Astronomi (Nizham al Ihdatsiyyat al Falakiyyah). Dibagian ini dijelaskan masing-masing tentang koordinat Bumi (al ihdatsiyyat al ardh), koordinat langit (al ihdatsiyyat as samawiyyah), koordinat ekuatorial (al ihdatsiyyat istiwa’iyyah), koordinat Alti-Azimut (al ihdatsiyyat as samt), koordinat ekliptik (al ihdatsiyyat al burujiyyah), koordinat galaksi (al ihdatsiyyat al majariyyah), koordinat Bulan (al ihdatsiyyat al qamariyyah). Juga dijelaskan tentang waktu bintang (zaman najmy), waktu Matahari (zaman syamsy), Kalender (Julian/Masehi dan Hijriah), Astronomical Unit (al wahdah al falakiyyah), dll.

Bab IV : tentang Bintang-Bintang (Stars/an Nujum).

Bab V : tentang Nebulae, Clusters, and Galaxies.

Bab VI : tentang Origin and Evolution of The Univers (ashlul kawn wa thathawwuruhu).

Bab VII : Techniques of Astronomical Observation (taqniyyat al arshad al falakiyyah). Yaitu penjelasan tentang Teleskop/Teropong dan alat-alat observasi lainnya serta tata cara membuat dan menggunakannya.

Bab VIII : tentang masa depan dunia antariksa (afaq ‘ashr al fadha’).

Bab IX : Astronomi Islam (‘Ilmul Falak as Syar’iy). Khusus pada bab ini yang merupakan bagian akhir buku ini dibicarakan secara cukup detail tentang persoalan ibadah penting umat Islam khusunya tentang penentuan awal bualn kamariah, penentuan waktu salat dan penentuan arah kiblat. Yang seluruhnya diuraikan secara ilmiah berikut uraian (contoh) perhitungan secara ringkas. Sehingga bagian ini sangat berguna bagi orang-orang yang concern dibidang penentuan ibadah dalan Islam khsusunya tentang penentuan awal bulan, salat dan kiblat.

Dibagian akhir bab ini juga dicantumkan berbagai hasil keputusan (tawshiyyat/taqrirat) seminar internasional tentang kalender, waktu shalat dan kibalt, seperti

1. Seminar III Majma’ Buhuts Islam Al Azhar di Mesir tahun 1966.
2. Seminar penyatuan awal bulan Kamariah di Kuwait tahun 1973.
3. Seminar penyatuan awal bulan di Turki tahun 1978.
4. Simposium tentang hilal, waktu salat, dan Astronomi di Kuwait tahun 1989.

Dibagian akhir buku ini juga dicantumkan/dijelaskan prinsip Darul Ifta’ Mesir dalam menentukan awal bulan.

0 komentar: